Perbedaan HP Vivo X50 dan Vivo X60

Perbedaan HP Vivo X50 dan Vivo X60

Masih memikirkan peluncuran seri Vivo X50 di tahun 2020? Nah, setahun kemudian lahirlah seri Vivo X60 yang akan menjadi generasi penerus di tahun 2021. Kedua seri tersebut memiliki tiga versi dengan spesifikasi yang berbeda yaitu versi dasar, Pro dan Pro Plus.

Versi Pro dinilai memiliki daya tarik terbaik, mengingat harganya yang tidak semahal Pro Plus, namun tetap menawarkan beberapa hal yang tidak terdapat pada versi dasarnya. Ini benar-benar tercermin dalam varian Pro, yang menawarkan stabilisasi gimbal, tidak seperti versi dasarnya.

Meski begitu, bukan berarti versi dasar tidak memiliki beberapa keunggulan, mengingat tidak semua orang membutuhkan fitur tambahan (misalnya stabilisasi gimbal) namun tetap menginginkan kehadiran layar OLED. , desain bodi, atau keunggulan lainnya.

Perbedaan antara vivo X50 dan vivo X60

Vivo X50 satu tahun lebih tua dari X60. Apakah fungsi vivo X50 sudah usang saat ini? Atau masih sama menggodanya dengan vivo X60? Yuk, simak jawabannya di bawah ini!

1. Chipset

Sebagai ponsel yang termasuk dalam segmen harga menengah ke atas, tentunya Vivo X50 dan X60 memiliki chipset bertenaga tinggi untuk memaksimalkan pengalaman bermain game atau aktivitas sehari-hari. Namun, vivo X50 5G yang sebenarnya lebih “jadul” tentu kalah dengan X60 yang sudah digunakan Snapdragon 870.

Ya, vivo X50 5G hanya dibekali Snapdragon 765G, dan performa kedua chipset tersebut cukup terlihat saat membandingkan hasil benchmark. Sebagai contoh, hasil yang tertera di laman NanoReview, di mana Snapdragon 765G hanya memiliki skor AnTuTu v8 sebesar 318.534 poin.

Sementara itu, Qualcomm Snapdragon 870 yang menyambangi vivo X60 memiliki skor dua kali lebih tinggi yaitu 658.103. Bahkan, jika hanya menyebutkan nama chipset, wajar jika seri Snapdragon 800 lebih cepat dari seri 700.

Selain itu, Snapdragon 870 memang merupakan chipset yang hadir pada generasi terakhir mengingat baru dirilis pada tahun 2021, tahun yang sama dengan dirilisnya vivo X60. Dengan chipset yang lebih baru dan lebih canggih, Anda pasti dapat melakukan aktivitas seperti mengedit foto, mengedit video, mengetik, dan tugas berat lainnya tanpa mengalami masalah kinerja.

2. Refresh Rate Layar 90 Hz vs 120 Hz

Layar adalah masalah utama saat membandingkan kedua ponsel. Omong-omong, Vivo adalah salah satu merek yang selalu memperhatikan kualitas tampilan. Bahkan, vivo ini cenderung selalu menampilkan panel layar OLED dibandingkan beberapa pesaingnya.

Seperti vivo X50 dan X60, keduanya sudah menggunakan AMOLED dengan kualitas layar HDR10+. Dijamin siap menghadirkan pengalaman film yang sempurna. Yang mengejutkan adalah kedua ponsel hadir dengan opsi kecepatan refresh yang tinggi.

Kecepatan refresh tipikal adalah 60Hz, yang berarti layar akan disegarkan 60 kali per detik. Vivo X50 memiliki opsi kecepatan refresh 90Hz, sedangkan X60 memiliki opsi 120Hz.

Artinya, Vivo X50 dapat menampilkan scrolling 50% lebih mulus dan mulus dibandingkan 60Hz konvensional. Sementara itu, vivo X60 bahkan lebih baik, mampu menampilkan transisi layar dua kali lebih mulus.

3. Quad Camera vs. Triple Camera

Untuk HP Live, perhatian konsumen pasti tertuju pada kamera. Sedangkan untuk vivo X50, ponsel ini dibekali dengan jumlah kamera yang cukup banyak, yakni empat. Berbeda dengan vivo X60 yang sebenarnya hanya memiliki setup tiga kamera.

Tapi tunggu dulu, bukan berarti kemampuan kamera X60 lebih buruk. Pasalnya, Vivo X60 juga dilengkapi dengan pengaturan Zeiss Optics yang membuat tampilan foto lebih tajam dan kualitas lebih baik dari pendahulunya.

Vivo X50 sendiri memiliki kamera dengan resolusi 48 MP (wide angle) + 13 MP (telephoto) + 8 MP (ultra wide angle) + 5 MP (makro). Di bagian depan terdapat kamera selfie 32 MP. Sedangkan untuk kamera depan, Vivo X60 juga memiliki resolusi kamera yang sama.

Sedangkan vivo X60 memiliki kamera 48 MP (wide angle) + 13 MP (telephoto) + 13 MP (ultra wide angle). Ya, tidak jauh berbeda dengan sebelumnya, namun kali ini tanpa menghadirkan lensa makro. Namun tentu saja bukan berarti Anda tidak bisa mengambil foto close-up di vivo X60, karena ponsel ini juga menggunakan kamera ultra-wide sebagai lensa makro.

Sekarang mengenai resolusi video yang bisa diambil. Vivo X50 dan X60 hanya menghadirkan resolusi maksimum 4K pada kecepatan bingkai 30 FPS. Frame rate ini juga berlaku untuk resolusi 1080p. Sedangkan untuk lensa depan, paling mentok hanya dengan resolusi 1080p@30FPS.

4. Tipe Memori Interna (UFS 2.1 vs 3.1)

Memori internal tidak hanya berfungsi sebagai tempat penyimpanan sederhana, tetapi juga mempengaruhi kinerja HP ​​secara keseluruhan. Seperti vivo X50 misalnya yang memiliki memori internal tipe UFS 2.1, sedangkan vivo X60 dilengkapi dengan tipe UFS 3.1.

Singkatnya, UFS adalah singkatan dari Universal Flash Storage, yang didasarkan pada arsitektur SCSI, memungkinkan Anda untuk melakukan proses baca dan tulis pada saat yang bersamaan. Menurut sumber, UFS 2.1 adalah standar yang diperkenalkan pada tahun 2017, dengan kecepatan baca 860 Mbps dan kecepatan tulis 255 Mbps (512 GB).

Sedangkan untuk UFS 3.1 memiliki kecepatan baca 2,1 GB/s dan kecepatan tulis 1,2 GB/s (512 GB). Ya, sekitar 2 kali lebih baik dari UFS 2.1. Artinya memori internal Vivo X60 memiliki kecepatan yang jauh lebih tinggi dibandingkan Vivo X50.

5.varian RAM

Performa sebuah ponsel juga tidak hanya dilihat dari jenis chipset yang digunakan, tetapi juga dari besaran kapasitasnya dan juga dari jenis RAM-nya. Kedua ponsel ini dilengkapi dengan memori RAM dual channel 2133MHz LPDDR4x, yang berbeda kapasitasnya.

Varian RAM 8GB hanya bisa Anda rasakan pada vivo X50, berbeda dengan X60 yang memiliki opsi RAM minimal 12GB yang dipadukan dengan memori internal 256GB.

6. Sistem operasi

vivo memiliki ROM dengan judul Funtouch yang juga berlaku untuk vivo X50 dan X60 meskipun dalam versi yang berbeda. Pada saat peluncurannya, vivo X50 lama menggunakan Funtouch 10.5 berbasis Android 10. Di sisi lain, vivo X60 jelas lebih unggul dari pengenalan Funtouch 11.1 menggunakan Android 11.

Ini hanyalah versi sistem operasi pada saat dirilis. Tentu saja Vivo X50 pasti akan mendapatkan update OTA sehingga dapat memberikan fitur-fitur terbaru Android 11. Ini menjadi pertimbangan penting, karena dukungan untuk update Vivo X50 mungkin akan dihapus terlebih dahulu dibandingkan dengan I live X60.

Sumber : Berita Teknologi Terbaru