Makanan Khas Maluku

Makanan Khas Maluku

Makanan khas Maluku –┬áMakanan khas Maluku memiliki ciri tersendiri dibanding daerah lainnya. Mulai dari makanan pokok yang biasanya daerah lain menggunakan nasi, Maluku menjadikan sagu sebagai makanan pokoknya.

Selain itu, ciri khas makanan khas Maluku lebih cenderung menggunakan hasil laut sebagai bahan utama. Kulinernya yang selalu menggunakan rempah-rempah yang melimpah menjadi kecintaan oleh semua orang.

Daftar Makanan Khas Maluku Lezat

Ingin tahu apa saja makanan khas Maluku? Berikut adalah makanan khas Maluku yang patut Anda coba saat mengunjungi Maluku.

1. Papeda

Bila Anda berkunjung ke Maluku, maka Anda wajib mencoba makanan khas Maluku Utara yaitu papeda. Makanan ini sangat terkenal dan menjadi ikon kuliner kota Maluku hingga saat ini.

Papeda terbuat dari tepung sagu yang diolah hingga menyerupai bubur. Papeda memiliki tekstur yang lengket dan berwarna bening.

Makanan ini tidak memiliki rasa alias tawar. Maka dari itu papeda dijadikan makanan pengganti nasi di Maluku. Umumnya, papeda disajikan dengan sayur atau lauk pauk khas Maluku.

Anda bisa membuat Papeda sendiri di rumah. Tinggal siapkan tepung sagu dan air panas lalu aduk hingga rata dengan sumpit. Bila teksturnya sudah kental dan lengket, Anda sudah bisa menyantapnya.

2. Gohu Ikan

Bila Jepang punya makanan berbahan dasar ikan mentah bernama Sashimi, Maluku juga punya makanan ikan mentah yang khas disebut dengan Gohu Ikan.

Gohu Ikan adalah makanan yang berupa ikan mentah dan diberi bumbu-bumbu tertentu. Umumnya, ikan yang dipakai adalah ikan tuna atau ikan cakalang.

Ikan tersebut dipotong-potong diberi perasan lemon, garam dan kemangi.. Biasanya, warga sekitar juga menambahkan cabai dan bawang yang dirajang agar lebih terasa nikmat.

Jika Anda suka Sashimi maka Anda wajib mencoba Gohu Ikan bila datang ke Maluku.

3. Ikan Asar

Seperti yang Anda ketahui, Maluku terkenal dengan kulinernya yang banyak memanfaatkan kekayaan laut diantaranya adalah Ikan Asar. Ikan Asar adalah ikan yang diasapi.

Biasanya, ikan yang digunakan adalah ikan tuna dan ikan cakalang. Karena melalui proses pengasapan, Ikan Asar dapat bertahan hingga tujuh hari lamanya.

Ikan Asar paling nikmat dimakan dengan nasi panas dan sambal colo-colo khas Maluku. Anda juga bisa membeli Ikan Asar sebagai buah tangan untuk saudara dan kerabat Anda.

Harga Ikan Asar juga relatif murah yakni sekitar empat puluh ribuan untuk satu ikannya.

4. Kohu-Kohu

Bagi Anda pecinta sayuran maka Anda harus mencoba makanan khas Maluku bernama Kohu-Kohu ini. Tampak sekilas, Kohu-Kohu mirip dengan Urap-Urap makanan khas Jawa.

Kohu-Kohu terdiri aneka sayuran seperti tauge, kacang panjang, dan daun kemangi yang dicampur dengan kelapa parut. Selain itu, terdapat juga bawang merah mentah, suwiran ikan cakalang dan perasan lemon cina.

Kuliner ini memiliki cita rasa yang nikmat. Perasan lemon cina menjadikan Kohu-Kohu sangat segar di mulut.

5. Ikan Kuah Pala Banda

Aneka masakan ikan khas Maluku selanjutnya yang tidak boleh Anda lewatkan adalah Ikan Kuah Pala Banda. Kuliner ini menjadi kecintaan oleh masyarakat Maluku.

Ikan Kuah Pala Banda terbuat dari ikan kakap atau ikan kerapu segar. Kemudian, ikan itu dimasak dengan berbagai bumbu dan rempah-rempah.

Makanan ini memiliki kuah yang asam dan pedas. Rasa rempah-rempah benar-benar terasa di mulut.

Ikan Kuah Pala Banda paling enak disajikan dengan nasi panas dan sambal bakasang.

Nah, itu tadi informasi mengenai makanan khas Maluku yang dapat Anda coba jika berkunjung kesana. Kelima makanan tersebut adalah yang paling populer sekaligus menjadi warisan budaya kuliner yang masih dipertahankan hingga saat ini.