Makanan Khas Jawa Tengah

Makanan Khas Jawa Tengah

Makanan khas Jawa Tengah –¬†Jawa Tengah merupakan salah satu provinsi besar di Pulau Jawa. Provinsi tersebut mendapatkan pengaruh dari Jawa Barat dan Jawa Timur sehingga memiliki kekayaan budaya dan adat istiadat. Selain memiliki panorama alam yang indah sebagai tujuan wisata favorit, Jawa Tengah juga diperkaya dengan kuliner khas dengan cita rasa yang memanjakan lidah.

Makanan Khas Dari Jawa Tengah

Banyak pilihan kuliner asli Jawa Tengah yang wajib dicoba saat berkunjung ke provinsi yang beribukota Semarang tersebut. Beberapa makanan khas lainnya juga tidak boleh terlewat untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Meskipun banyak makanan Jawa Tengah yang juga ditemui di luar daerah, namun jika mendapatkannya langsung dari sana akan terasa lebih istimewa. Inilah beberapa kuliner Jawa Tengah yang selalu menjadi incaran wisatawan.

1. Nasi Gandul

Seperti daerah lain di Indonesia, Jawa Tengah juga memiliki menu nasi khas andalan yaitu Nasi Gandul. Nasi diracik bersama kuah pedas dengan lauk daging sapi dan telur. Aroma kuat dari kuah memberi cita rasa nikmat yang tidak ada duanya. Rasa gurihnya membuatnya cocok disantap setiap saat. Sebagaimana kebanyakan menu tradisional, Nasi Gandul juga masih disajikan di atas alas daun pisang.

2. Brekecek

Brekecek merupakan makanan khas Jawa Tengah tepatnya berasal dari Cilacap. Bahan dasar makanan ini berupa ikan laut yang merupakan hasil utama dari wilayah Cilacap. Uniknya, sajian brekecek hanya memanfaatkan bagian kepala ikan saja. Cara memasakannya dimulai dengan menumis bumbu halus hingga harum. Air kemudian ditambahkan sebagai kuah. Setelah itu, kepala ikan dimasukkan dan dimasak hingga bumbu meresap.

3. Nasi Grombyang

Selain nasi gandul, Jawa Tengah juga terkenal akan nasi grombyangnya. Olahan nasi ini dapat ditemukan di wilayah Pemalang. Berbeda dengan nasi gandung, nasi grombyang dibuat dengan bahan daging kerbau. Kuahnya diracik dengan bumbu rahasia hingga menghasilkan aroma serta rasa yang sedap. Pada penyajiannya di banyak tempat makan, nasi gromyang ditempatkan di sebuah mangkok dengan kuah meluber sehingga nasi terlihat seperi bergoyang atau grombyang.

Baca juga: Makanan khas Maluku

4. Mangut Beong

Beralih ke Magelang, ada makanan khas Jawa Tengah lain yang juga tak kalah populer yaitu mangut beong. Mangut biasanya dibuat dari ikan lele, namun mangut beong dibuat dari beong yang sekilas mirip ikan lele. Ikan beong ditemukan di Sungai Progo dan memiliki rasa unik yang lezat. Makanan ini hanya dapat ditemukan di area sekitar Borobudur, maka tak heran jika selalu menjadi incaran para wisatawan yang berkunjung.

5. Lumpia Semarang

Berkunjung ke ibukota Jawa Tengah rasanya tidak sempurna jika tidak membawa buah tangan berupa lumpia khas Semarang. Dikatakan sangat khas karena lumpia dari Semarang ditambahkan dengan rebung atau bamboo muda sebagai isiannya. Lumpia tersebut juga memiliki kulit yang tipis sehingga menghasilkan tekstur yang renyah saat digigit.

6. Mie Ongklok

Mie ongklok merupakan kuliner khas dari Wonosobo. Mie rebus diracik dengan daun kucai dan kol sehingga menimbulkan kesan segar saat disantap. Kuahnya sangat kental, berbeda jauh dengan kuah mie pada umumnya. Untuk menambah kenikmatan, mie ongklok umumnya dimakan dengan tambahan lauk berupa tempe kemul, keripik tahu dan sate tahu. Nama ongklok diambil dari nama alat memasak mie ini yang terbuat dari anyaman bambu.

Makanan khas Jawa Tengah memang banyak pilihannya dan akan membuat Anda tidak kehabisan ide saat berkunjung ke sana. Beberapa kuliner wajib Anda nikmati di tempat, sedangkan beberapa lainnya harus Anda jadikan oleh-oleh keluarga di rumah.